Sabtu, 06 Oktober 2012

Cara menaikkan nilai oktan premium

         Udah lama nih admin ga nge post karena kesibukkan ane yang makin padet. kali ini admin akan menjelaskan tentang bagaimana caranya untuk meningkatkan nilai oktan bensin. Ini penjelasannya
        Seiring pekembangan jaman harga bbm terus melambung mao premium pertamax pertamax plus atau yg lainnya, seperti contoh baru2 ini pertamax naik lagi.
Untuk saat ini, kendaraan bermotor adalah salah satu yg sangat diandalkan buat beraktifitas baik ke sekolah, ke kampus, ke kantor bahkan ke pasar. Nah untuk menjaga mesin kendaraan tetap baik, pembakaran pun harus sempurna yaitu dgn menggunakan BBM yg oktannya tinggi seperti Premium 88, Pertamax 92, Pertamax Plus 95.

Nah kalo menurut ane kalo pake premium kurang sempurna gan pembakarannya karna oktannya kecil. Nah untuk mensiasati bagaimana memakai bahan bakar pertamax dengan harga premium ane mo ngasih sedikit tips and bocorannya yang mudah2an bisa berguna.
Begini gan caranya. Agan tetep aja beli premium seperti biasa, cuma rahasiannya premium agan dicampur dgn zat metanol (inget metanol bukan etanol). Metanol itu zat kimia yg mengandung alkohol gan, nah metanol ini nih yg bisa nambahin oktan premium. Tapi ntar dulu gan, jgn sembarangan campur aja. Jadi buat tangki motor bebek kira2 dicampur pake 10 ml metanol (agan beli suntikan maenan yg di abang2 aja buat ngukur ml nya) nah setelah dicampur goyang-goyangin dikit motor agan dan tunggu beberapa menit biar nyampur. Setelah premium dicampur dgn 10 ml metanol maka kadar oktan premium jadi naek menjadi sekitar 92-95 oktannya yang setara dgn pertamax malahan pertamax plus (semakin banyak jumlah metanol yg kita campur makin gede oktan yg akan bertambah. Tapi jgn maen asal tambah aja gan, mendingan sesuai dengan takaran yg ane sebutin biar aman). Ane sendiri udah nyoba dan tarikan gas jadi bener2 enak gan. Buat kebut-kebutan juga enak.
Kita bisa membeli metanolnya di toko-toko kimia gan, di pasar senen atau di kampung melayu ane nyaraninnya karena disana banyak toko kimia dan saat beli cari yg persen metanolnya sedeng kalo ga salah 92. Bilang aja bang yg persennya sedeng abangnya pasti ngerti, dan untuk harga murah gan sekitar 10-20ribuan buat satu drigen minyak gitu yg biasa ditenteng. Kenapa ane bilang murah? karena misal harganya 10 ribu utk 1 liter metanol, sedang kita cuma ngebutuhin 10 ml untuk 1 tangki penuh. Coba bisa dipake utk berapa bulan tuh gan, performa motor juga jadi bagus.
Coba deh agan googling. Klo gak salah proses pencampuran methanol itu juga di pake sama pembalap-pembalap formula lho.

5 komentar:

  1. ni tangki bbekny yang brp liter gan ?
    rincian perhitunganny gmn nih , 10ml buat brp liter premium mksdny

    BalasHapus
  2. ngga salah nih pake methanol...bukannya seharusnya ethanol??!

    BalasHapus
  3. Iya.. ada yg sarankan ethanol ada methanpl... bener mana nih.

    BalasHapus
  4. Kduany bsa dipakai menaikan nilai oktan, karena pada dasarnya metanol dan etanol adalah sma-sma alkohol. Tpi dsarankan jngan pkai metanol karena beracun dan bisa membuat mata kta buta..

    BalasHapus